2017 | healthy life | my healthy goal | my running story | running

2 Andalan Sehat Saya

February 4, 2017

Awal saya lari itu buat ikut acara lari tahunan di kantor. Sejak pindah divisi dan masuk ke kantor pusat 4 tahun lalu, saya seneng banget sih akhirnya banyak’temen‘ buat olahraga. Sebelum lari, olah raga yang saya rutin lakuin ya jalan kaki. Jalan kaki ini juga awalnya karena kepengen … kurus ! Etapi saya berhasil kurus loh ! Memang sih selain rutin jalan kaki setiap hari minimal 30 menit, saya juga jaga pola makan. Jadi saya makan karbo cuma 1 hari sekali. Sisanya saya makan sayur atau lauk nya aja. Berapa berhasil turunin BB nya? 12 kg ! Yup, duabelas kilo *joget*

Dengan BB awal 62 kg trus 6 bulan rutin jalan kaki plus jaga makan, saya beneran turun 12 kg. Banyak yang pangling dan takjub hahaha. Iyalah dari buntelan begitu kan ya. Pake baju model apa aja kayaknya gak pantes pantes, bawaan gerah mulu. Belum badan cepet gak enak, cepet lemes.

Selanjutnya gaya makan saya gak ‘ketat‘ banget kayak waktu program langsing singset itu, tapi saya tetap usaha buat olahraga yang makin hari makin bekurang frekuensi nya 😀 Tahun 2012 saya pindah divisi, balik ke Jakarta ketemu bos dan teman teman doyan olahraga khususnya lari, akhirnya sejak pertengahan 2013 saya mulai ikutan lari.

Ini lari nya juga blang bentong hahaha. Ketat dan rutin kalo dah menjelang acara Ekiden di bulan Oktober aja. Ketebak dah sejak Agustus lari langsung super rajin, seminggu bisa 3-4 kali. Beres Ekiden, semau maunya lagi. Apa kabar si berat badan? Memang sih gak naik balik ke awal *Alhamdulillah ya … 🙂 * tapi agak agak stuck di 53-54 eh malahan pernah nembus 55 waktu lagi parah banget pola makan dan olahraganya.

Makin tambah usia, makin berasa ternyata badan gak enak kalo gemukan dikit. Ini bukan cuma perkara baju plus celana jadi seret ya, tapi yang saya rasain kalo olah raga mulai kendor plus pola makan gak dijaga selain BB naik badan juga jadi cepet gak enak, gampang sakit. Ini beneran loh terjadi sama saya. Makanya setelah saya pikir pikir, tiap saya mulai kendor di 2 hal itu pasti deh … adaaa aja sakit kepala lah, tensi naik lah *oya, saya punya hipertensi* cepet kena flu pokoknya semacam itulah.

Nah sejak tahun 2016 lalu, tepatnya setelah saya terkena helicobacter pylori, saya bener bener jaga makan dan mulai rutin lari lagi. Saya pasti lari 2 kali dalam seminggu dengan jarak minimal 5K *sok gaya deh sil … minimal 5K wong paling jauh cuma 7K sampai saat ini 😀 * Sejujurnya saya ini orangnya agak susah buat konsisten hahha, terpampang nyata dari nge blog lah ya ..

Tapi saya pikir, semua tergantung saya sendiri. Akhirnya saya bulatin tekad, Alhamdulillah bisa konsisten. Jadi sampe saat ini 2 hal yang saya bener bener konsisten adalah lari dan ngopi ! hahaha … kalo ngopi sih sejak saya duduk di bangku kuliah sampai sekarang konsisten 😀 Sehari bisa bisa 2 kali ngopi. Etapi ada yang rubah juga dari kebiasaan ngopi saya.

Kalo dulu saya suka cappuccino yang manis, sejak pertengahan 2015 saya sudah tidak mengkonsumsi kopi yang manis lagi. Saya lebih suka kopi tanpa gula, bukan less sugar ya … tapi beneran gak pakai gula. Awalnya sih karena ngikut ngikut HN, suami saya yang sejak pulang dari biztrip , jadi doyan banget esspresso. Yang awalnya icip icip punya HN trus jadi suka trus kalo bikin atau pesen kopi cappuccino kesukaan juga gak pakai gula. Sekarang kalo minum kopi pakai gula, saya suka mual gak enak di mulut dan perut pokoknya.

Saya dan HN sama sama punya turunan ‘penyakit‘ yang bikin kami bedua terus berusaha hidup sehat demi masa depan anak anak dong pastinya. Saya punya turunan hipertensi dan HN ada turunan diabetes. HN malah sudah mengkonsumsi obat diabetes setiap hari. Makanya sejak Oktober tahun 2016 kemarin, resmi sudah saya dan HN menjadi pemakan nasi merah 😀 etapi kalo saya masih bandel sih … siang masih suka makan nasi putih kalo lagi maksi di kantor.’

Olahraga masih rutin, kalo HN makin rutin … karena bener bener kepengen sehat. Kalo saya rutin minimal lari 2 kali seminggu, HN selain rutin tennis 2 kali seminggu, sejak Januari 2017 ini dia rutin lari juga 2 kali seminggu. Seneng dong ya lari ada yang nemenin sekarang. Dan akhirnya dia pun sudah jatuh cinta sama lari. Kadang semangatnya ngelebihin saya hahha. Oya satu lagi kebiasaan baru yang juga jadi rutinitas adalah setiap abis bangun tidur, saya dan HN minum perasaan air lemon ditambah air hangat dan madu.

Sejak rutin olahraga *ini rutin bener bener gak pernah bolong ya hihi * plus makan juga agak agak jaga dan rajin minum perasan air lemon plus air hangat dan madu Alhamdulillah sepanjang 2016, Allah SWT selalu kasih sehat. Padahal dibanding tahun sebelumnya, tahun 2016 kemaren pekerjaan lebih padat baik dari sisi penyitaan waktu maupun beban kerjaan nya. Pokoknya Alhamdulillah banget.

Makanya kalo dulu setiap orang tanya saya lari biar apa? Saya jawab biar KURUS … kalo sekarang saya lari biar … SEHAT! Saya lari gak ngejar lagi waktu, pokoknya saya lari senyaman saya, minimal 1 jam setiap kali lari atau 5K setiap kali lari … cukup buat saya. Saya nyaman banget, gak pakai sakit kepala *dulu saya suka sakit kepala setiap abis lari, ternyata saya kurang asupan air minumnya* dan tetap seger langsung aktifitas weekend sepanjang Sabtu dan Minggu.

Jadi apa 2 kebiasaan sehat saya yang bisa bikin saya jadi orang konsisten selama 1 tahun ini? Lari dan minum air perasaan lemon plus air hangat dan madu 🙂 Mantap pokonya … tertarik buat coba?

Only registered users can comment.

  1. Saya setuju nih, apalagi buat kita-kita yang sekarang masih di Usia Produktif gak boleh lupa dengan yang namanya olahraga, ia minimal rutin jalan 30 menit tadi supaya masadepan tetap sehat, kuat dan bugar. heee

  2. siiillllllll…..aduuuhh aku 2 th ini kacau nih sejak pindahan, kumpul ama ibu2 yang kerjaannya ngajakin kumpul2 dan makan2 mulu. udah mah tara olahraga tea tapi memamah biak jalan terus…walhasil skrg buleud sebuleud buleudnya. mau kayak dulu lagi gaya hidup sehat meni hese memulainya atuuuhh kumahaaaa heleepp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *